AWAS! INILAH BAHAYA MINTA BANTUAN KEPADA DUKUN


Dukun adalah istilah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita karena begitu suburnya praktek perdukunan di negeri ini, bahkan di beberapa daerah hingga saat ini masyarakatnya masih sangat mempercayai kemampuan seorang dukun yang di anggap supranatural, dengan anggapan mereka yang mengaku sebagai dukun bisa membantu segala permasalahan yang sedang dihadapi, mulai dari masalah pengobatan, kedikdayan (kesaktian), penglarisan (usaha), maupun pengasihan (asmara).

Lebih parahnya lagi praktek perdukunan juga mengalami perkembangan mengikuti kemajuan zaman dan tekhnologi. Dahulu seseorang yang yang membutuhkan “jasa” seorang dukun harus dating ke rumah sang dukun, namun sekarang jasa perdukunan bisa dengan mudah ditemukan di media-media kekinian (Koran, TV, Gadget, dll) yang bisa diakses dengan dengan mudah oleh siapapun dan di manapun.

Lantas, bagaimanakah sebenarnya hukum seorang muslim menggunakan jasa seorang dukun? Para ulama sepakat bahwa menggunakan jasa seorang dukun hukumnya haram disebabkan bahaya yang ditimbulkan cukup membayakan iman seseorang. Berikut ini bahayanya:

Pertama, Tidak diterima sholatnya selama empat puluh hari

Ini berdasarkan pada sebuah riwayat bahwa Rosulullah SAW pernah bersabda: barang siapa mendatangi dukun (tukang ramal), kemudian menanyakan sesuatu dan mempercayai apa yang dikatakan oleh sang dukun, maka sholatnya tidak akan diterima selama empat puluh hari berturut-turut.

Kedua, Dianggap telah ingkar kepada Al-Qur’an

Ini berdasarkan pada sebuah riwayat bahwa Rosulullah SAW pernah bersabda: barang siapa mendatangi dukun (tukang ramal), kemudian menanyakan sesuatu dan mempercayai apa yang dikatakan oleh sang dukun, maka ia telah kufur (ingkar) atas apa yang telah diturunkan kepada Muhammad SAW (Al-Qur’an).

Demikian bahayanya meminta bantuan kepada dukun, karenanya seberat apapun masalah yang dihadapi, hendaklah hanya meminta pertolongan kepada Allah SWT.

Akhmad RM
Share:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan..!

Postingan Populer

Labels