STOP BICARA SAAT KHUTBAH, JIKA TAK INGIN SHOLAT JUM'ATMU SIA-SIA


Sholat jum’at merupakan kewajiban bagi seorang muslim terutama laki-laki. Sholat yang dilaksanakan semingu sekali ini biasanya di dahului dengan penyampaian khutbah terlebih dahulu. Selama waktu khutbah, para jamaah berkewajiban mendengarkan dan memperhatikan isi khutbah dengan seksama. 

Tetapi sering kita jumpai di masjid-masjid, para jamaah justru asyik mengobrol sendiri saat khotib sedang berkhutbah, ada pula yang bermain dengan ponsel, bahkan ada juga yang ditinggal tidur.

Padahal menurut para ulama fikih, khutbah jum’at merupakan salah satu rukun dari sholat jum’at sehingga tidak sah sholat jum’at tanpa khutbah. Karenanya mendengarkan khutbah juga menjadi kewajiban bagi setiap jamaah sholat jum’at, siapa yang mengabaikan khutbah jum’at maka sholat jumatnya dianggap sia-sia, sebagaimana sabda Rosulullah SAW:

Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Nabi SAW telah bersabda:

"Apabila engkau mengatakan kepada temanmu “Diamlah” sewaktu khotib sedang berkhutbah, maka sungguh sia-sia sholat jum’atmu". HR. Bukhari Muslim.

Kalau memperingatkan orang lain untuk diam saja sudah menjadikan sholat jum’at kita sia-sia bagaimana dengan yang asyik mengobrol sendiri menyaingi sang khotib.?

Hendaknya seseorang mendengarkan khutbah jum’at dengan duduk tenang, mendengarkan dan memperhatikan uraian nasihat yang disampaikan dalam khutbah.

Akhmad RM
Share:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan..!

Postingan Populer

Labels