JANGAN BOSAN MENGAJAK KEBAIKAN! INILAH SEBAB ORANG SUSAH DINASEHATI


Mengajak kebaikan (dakwah) merupakan kewajiban setiap orang muslim. Tidak memandang apakah dia seorang ustadz atau bukan, melainkan semua orang meskipun orang yang baru belajar agama juga bisa, karena Rosulullah SAW menyampaikan: "Sampaikanlah walaupun hanya satu ayat". HR. Bukhari. Jadi, seberapapun pengetahuan seorang tentang kebaikan, ia wajib menyampaikan dan mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan.

Nah dalam hal mengajak kebaikan, barangkali anda termasuk orang yang pernah merasakan bagaimana rasanya dicuekin saat mengajak kebaikan bukan? Tenang saja! Tidak perlu marah apalagi sakit hati, karena memang tidak semua orang bisa menerima ajakan kebaikan dengan mudah. Beberapa hal yang menyebabkan seseorang sulit diajak menuju kebaikan adalah:

1. Minim Pengetahuan

Pengetahuan sangat berpengaruh kepada seseorang. Orang yang tidak memiliki pengetahuan cukup tentang kebaikan akan sangat sulit untuk diajak melakukan sesuatu yang baik, karenanya perlu pemberian pemahaman sedikit demi sedikit agar pengetahuannya bertambah. Gunakan juga bahasa yang sesuai dengan karakternya. Semakin banyak pengetahuan semakin mudah menerima kebaikan.

"Katakanlah (hai Muhammad) apakah sama orang-orang yang mengetahui dan orang-orang yang tidak mengetahui. Sesungguhnya hanya orang berakallah yang dapat menerima pelajaran". QS. Az Zumar: 9.

2. Kesombongan

Umat-umat terdahulu yang tidak mau menerima dakwah nabi dan rosulnya adalah mereka yang memiliki sifat kesombongan di dalam hatinya, misal Namrud menolak ajaran Nabi Ibrahim, Fir'aun dan Qorun yang menolak ajaran Nabi Musa, dan lain sebagainya. Karena kesombongannya itulah mereka tidak mau menerima kebenaran, begitu juga tokoh-tokoh kafir Quraish yang dulu menentang Nabi Muhammad SAW juga dikarenakan kesombongan dan gengsinya yang besar.

"Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia". HR. Muslim.

Akhmad RM
Share:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan..!

Postingan Populer

Labels