JANGAN LAKUKAN INI, KALAU TAK MAU DIANGGAP MERENDAHKAN AL-QUR'AN

Al-Qur’an adalah kitab suci yang harus dijaga dan dimuliakan dengan baik oleh setiap muslim. Bahkan untuk memuliakannya, seseorang yang hendak menyentuh atau membawa Al-Qur’an disunahkan untuk berwudhu terlebih dahulu guna menghilangkan hadats kecil. Seseorang juga tidak boleh melakukan perbuatan-perbuatan yang merendahkan Al-Qur’an. Di antara contoh perilaku yang dianggap tidak memuliakan Al-Qur’an adalah:
Pertama, Menempatkan Al-Qur’an Lebih Rendah Dari Pusar
Ketika anda membawa atau meletakkan Al-Qur’an janganlah menempatkannya lebih rendah dari pusar anda, karena itu sama dengan merendahkan Al-Qur’an. Hendaknya dibawa dan ditempatkan pada tempat yang cukup tinggi minimal didepan dada.
Kedua, Menggoyang-goyang Al-Qur’an
Menggoyang-goyang atau melambai-lambaikan Al-Qur’an mengikuti gerakan tangan saat berjalan merupakan salah satu hal yang tidak pantas dilakukan pada kitab suci karena dikhawatirkan akan jatuh, apalagi sampai jatuh ke tempat yang kotor.
Ketiga, Menaruh Al-Qur’an Di Bawah Barang Lain
Ketika anda hendak menyusun Al-Qur’an dengan barang-barang lain, hendaklah menempatkan Al-Qur’an pada posisi paling atas agar tidak tertindih dengan barang lain, karena Al-Qur’an memiliki derajat yang lebih tinggi dari barang apapun.

Akhmad RM
Share:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan..!

Postingan Populer

Labels