PUASA ENAM HARI BULAN SYAWAL? INILAH KEUTAMAANNYA


Barangkali, di antara beberapa macam puasa yang disunahkan dalam Islam, puasa enam hari di bulan syawal adalah puasa sunah yang paling berat dilaksanakan. Bagaimana tidak berat, melaksanakan puasa di tengah banyaknya aneka makanan dan minuman sisa perayaan lebaran.
Karenanya, puasa enam hari di bulan syawal memiliki keutamaan yang luar biasa. Bagi yang mau menjalankannya seolah-olah telah melaksanakan puasa sepanjang masa (satu tahun). Dalam sebuah Hadits dijelaskan:
"Barang siapa berpuasa bulan ramadhan kemudian mengikutinya dengan berpuasa enam hari di bulan syawal, maka ia seolah-orang melaksanakan puasa sepanjang masa (tahun)". HR. Bukhari.
Mengapa puasa enam hari di bulan syawal sama dengan puasa sepanjang tahun? Simak penjelasan berikut:
Dalam Islam, setiap amal perbuatan mendapatkan balasan minimal sepuluh kali lipat, sebagaimana dalam ayat Al-Quran:
"Barang siapa melaksanakan kebaikan, maka baginya pahala sepuluh kali lipat dari kebaikannya". QS. Al An'am: 160.
Jika puasa ramadhan 30 hari, maka seolah-olah orang muslim telah mendapatkan kebaikan puasa 300 hari, jika ditambah puasa enam hari bulan syawal, maka seolah-olah telah mendapatkan kebaikan puasa 60 hari, dan jika ditotal maka seolah-olah telah melaksanakan puasa selama 360 hari, suatu bilangan yang sama dengan jumlah hari dalam satu tahu.
Subhanallah. Marilah kita laksanakan puasa enam hari di bulan syawal, toh tidak harus di awal bulan, jika memang bisanya di akhir selama masih dalam bulan syawal maka tidak menjadi masalah.

Akhmad RM
Share:

No comments:

Post a Comment

Komentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan..!

Postingan Populer

Labels